Apa yang Diucapkan Orang yang Sedang Puasa Ketika Dicaci-maki Orang

Oleh: Sukainah bintu Muhammad Nashiruddin al-Albaniyyah

Apa yang dikatakan oleh orang yang berpuasa jika ada seseorang yang mencaci makinya?Lihat shohih al-Bukhori no. 1894 dan 1904 Atau shohih Muslim no. 1151.

روى الإمام البخاريُّ –رَحِمَهُ اللهُ- في “صحيحه” (1894) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ «الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ؛ مَرَّتَيْنِ»، وفي روايةٍ (1904): «فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ». ونحو ذٰلك في “صحيح مسلم” (1151).

Al-Imam al-Bukhori rahimahulloh meriwayatkan dalam kitab Shohih-nya no. 1894 dari Abu Huroiroh rodhiyallohu anhu bahwa Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :

«الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ؛ مَرَّتَيْنِ»، وفي روايةٍ (1904): «فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ».

“Puasa adalah perisai. Maka janganlah berkata kotor dan berbuat bodoh. Dan apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau mencelanya, maka katakanlah ‘aku sedang puasa’, dua kali”

Dan dalam lafadz hadits no. 1904: “maka katakanlah ‘aku sedang berpuasa’” dan yang semisal dengan itu dalam Shohih Muslim no. 1151.

Dengan hadist itu kita sampai pada jawaban dari pertanyaan “apa yang diucapkan orang yang sedang berpuasa jika ada seseorang yang mencaci-makinya?” demikian juga terhadap orang yang memeranginya, mengganggunya, berbuat bodoh kepadanya [Shohih at-Targhib wat Tarhib no. 978 dan at-Ta’liqot al-Hisan no. 3407].

Permasalahan :

Apakah dia mengucapkannya dalam hati saja atau dikeraskan?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahulloh berkata dalam Minhajus Sunnah an-Nabawiyyah (5/197):

“Dalam masalah ini ada 3 pendapat dalam madzhab Imam Ahmad dan yang selainnya:

Ada yang berpendapat: ia mengucapkannya dalam hati saja dan tidak perlu membalas perkataan orang itu.

Ada yang berpendapat: ia ucapkan dengan lisannya.

Dan ada juga yang berpendapat: dibedakan tergantung puasanya, jika puasa wajib maka dikeraskan, dan jika puasa sunnah maka diucapkan dalam hati saja. Karena pada puasa wajib itu tidak dikhawatirkan riya’ sedangkan pada puasa sunnah dikhawatirkan muncul riya’.

Dan yang benar adalah ia mengucapkan dengan lisannya sebagaimana ditunjukkan dalam hadits tersebut. Karena yang namanya ‘perkataan’ itu secara mutlak mesti dengan lisan, adapun untuk memaknainya ‘dalam hati’ mesti ada ikatannya dengan kata lain, seperti sabda Nabi :

عَمَّا حَدَّثَتْ بِهِ أَنْفُسَهَا

“Apa-apa yang terbetik dalam hati mereka”

مَا لَمْ تَتَكَلَّمْ أَوْ تَعْمَلْ بِهِ

“Selama belum diucapkan atau dikerjakan”

Makan makna “perkataan” secara mutlak adalah perkataan yang bisa didengar.

Dan jika ia telah mengucapkan dengan lisannya: “aku sedang berpuasa”, maka:

# ia telah menjelaskan udzurnya untuk diam dan tidak membalas

# dan ini merupakan usiran terhadap orang yang memulai permusuhan padanya

Fadhilatusy Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad hafidzohulloh pernah ditanya:

Apakah mengeraskan ucapan “aku sedang berpuasa” termasuk riya’ seandainya diucapkan ketika puasa sunnah?

Beliau menjawab:

Tidak, ini tidak termasuk riya’, karena ucapan ini diizinkan dalam syariat, dan padanya terdapat maslahat da faidah baginya dan yang selainnya.

Ramadhan 1432 / 14-08-2011

Sukainah bintu Muhammad Nashiruddin al-Albaniyyah

Sumber : http://ummushofi.wordpress.com/2012/07/29/apa-yang-diucapkan-orang-yang-sedang-puasa-ketika-dicaci-maki-orang/

Sumber asal : http://tamammennah.blogspot.com/2011/08/blog-post_14.html

***

ماذا يقول الصائمُ إذا سَبَّه أَحدٌ؟

๑ ๑نصّ رسالة الجوّال๑ ๑

ماذا يقول الصائمُ إذا سَبَّه أَحدٌ؟

ينظر

ص البخاري 1894 و 1904

أو ص مسلم 1151

————–

๑ ๑البيان๑ ๑

روى الإمام البخاريُّ –رَحِمَهُ اللهُ- في “صحيحه” (1894) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

«الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ؛ مَرَّتَيْنِ»، وفي روايةٍ (1904): «فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ».

ونحو ذٰلك في “صحيح مسلم” (1151).

وبهٰذا نصل إلىٰ جوابِ سؤالِ ماذا يقولُ الصائمُ إذا سَبَّه أحدٌ –وكذا (قَاتَلَهُ)، (آذَاهُ)، (جَهِلَ عَلَيْهِ)؛ يُنظر “صحيح الترغيب والترهيب” (978)، و”التعليقات الحسان” (3407)-؟

إِنِّي [امْرُؤٌ] صَائِمٌ، إِنِّي [امْرُؤٌ] صَائِمٌ

مسألة:

هل يقولها سِرًّا أم جهرًا؟

قال الإمامُ شيخ الإسلام ابن تيمية –رَحِمَهُ اللهُ- في “منهاج السُّنَّة النبويّة” (5/ 197):

“وَفِيهَا ثَلاثَةُ أَقْوَالٍ فِي مَذْهَبِ أَحْمَدَ وَغَيْرِهِ:

قِيلَ: يَقُولُ فِي نَفْسِهِ فَلا يَرُدُّ عَلَيْهِ.

وَقِيلَ: يَقُولُ بِلِسَانِهِ.

وَقِيلَ: يُفَرّقُ بَيْنَ الْفَرْضِ؛ فَيَقُولُ بِلِسَانِهِ، وَالنَّفْلِ؛ يَقُولُ فِي نَفْسِهِ; فَإِنَّ صَوْمَ الْفَرْضِ مُشْتَرَكٌ، وَالنَّفْلُ يُخَافُ عَلَيْهِ مِنَ الرِّيَاءِ.

وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ يَقُولُ بِلِسَانِهِ، كَمَا دَلَّ عَلَيْهِ الْحَدِيثُ; فَإِنَّ الْقَوْلَ الْمُطْلَقَ لا يَكُونُ إلا بِاللِّسَانِ، وَأَمَّا مَا فِي النَّفْسِ فَمُقَيَّدٌ، كَقَوْلِهِ: «عَمَّا حَدَّثَتْ بِهِ أَنْفُسَهَا»، ثُمَّ قَالَ: «مَا لَمْ تَتَكَلَّمْ أَوْ تَعْمَلْ بِهِ» [متفق عليه]، فَالْكَلامُ الْمُطْلَقُ إِنَّمَا هُوَ الْكَلامُ الْمَسْمُوعُ.

وَإِذَا قَالَ بِلِسَانِهِ: إِنِّي صَائِمٌ:

◣ بَيَّنَ عُذْرَهُ فِي إِمْسَاكِهِ عَنِ الرَّدِّ.

◢ وَكَانَ أَزْجَرَ لِمَنْ بَدَأَهُ بِالْعُدْوَانِ” اﻫ.

وسئل فضيلةُ الشيخ عبد المحسن العَبّاد –حفظه اللهُ-:

هل الجهرُ بقولِ: (إني صائم) يدخل في الرِّياء إنْ كان الصَّومُ تطوُّعًا؟

فأجاب:

“لا، ما يدخل في الرياء؛ لأنّ هٰذا مأذونٌ به شرعًا، وفيه مصلحة وفائدة له ولغيره” اﻫ.

———

تنبيه:

عدَّلتُ هٰذه التدوينةَ بعد أنْ تَنَاهىٰ إلىٰ عِلمي تَعليقٌ علىٰ سندِ زيادةِ: (وإنْ كنتَ قائمًا فاجْلِسْ)؛ وذٰلك مِن باب «دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لا يَرِيبُكَ» [رواه الإمام الترمذي وغيرُه -رَحِمَهُمُ اللهُ-، وصححه أبي -رَحِمَهُ اللهُ-؛ “الإرواء” (12)]؛ فتَبقى السُّنَّةُ المنشورة قول: (إِنِّي [امْرُؤٌ] صَائِمٌ)؛ فقط.

والحمدُ لله ربِّ العالمين.

***

رمضان 1432

– سُكَينة بنت محمد ناصر الدين الألبانية في 8/14/2011

2 Respons

  1. Jangankan dicaci maki, mendengarkan orang sedang berghibah ketika saya sedang berpuasa saja, saya tetap sulit berkata, “maaf saya sedang berpuasa…”

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s